Morotai

  |     |   Morotai

KEK Morotai yang terletak di Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2014, memiliki luas area 1.101,76 Ha. KEK Morotai memiliki keunggulan geostrategis yaitu merupakan pulau terluar di sisi timur laut Indonesia yang dekat dengan negara-negara ASEAN dan Asia Timur. Berada di tengah Samudera Pasifik, Pulau Morotai dahulu merupakan salah satu basis militer pada Perang Dunia II yang kini kaya akan barang peninggalan bersejarah. Selain menjadi wisata sejarah, KEK Morotai juga memiliki keunggulan wisata bahari dengan keindahan pantai dan bawah laut yang mempesona. Hamparan pasir putih halus, air laut yang jernih serta terumbu karang yang indah merupakan daya tarik wisata KEK Morotai. 

Dilintasi oleh Alur Laut Kepulauan Indonesia III yang juga merupakan jalur migrasi ikan tuna, KEK Morotai merupakan sumber bahan baku bagi industri pengolahan perikanan. Dengan potensi yang dimiliki, KEK Morotai akan menjadi pusat industri perikanan didukung dengan logistik yang akan menjadikan Pulau Morotai hub internasional di kawasan timur Indonesia. 

Berbeda dengan destinasi wisata kepulauan lainnya di Indonesia, KEK Morotai memberikan nuansa sejarah sebagai nilai tambah bagi wisatawan. KEK Morotai diharapkan dapat menjadi destinasi wisata internasional. KEK Morotai diproyeksikan menarik investasi sebesar Rp.30,44T dan diproyeksikan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 30.000 tenaga kerja hingga tahun 2025.

Peraturan Penyelegaraan Kawasan Ekonomi Khusus Morotai

 

Badan Usaha Pembangunan dan Pengelola

 

Sekretariat Dewan Kawasan

 

Infrastruktur Wilayah

  • Telah dilakukan pembebasan lahan seluas seluas 300 ha. Saat ini sedang dalam proses pembangunan kawasan tahap I, meliputi homestay dan cold storage.

Dukungan Infrastruktur Wilayah KEK Morotai

  •  Akses Jalan Lingkar Morotai
  • Telah terbangun Pelabuhan Daruba
  • Pembangunan peningkatan akses jembatan Pelabuhan Daruba dan Wayabula
  • Telah terbangun Bandara Pitu Morotai
  • Telah terbangun akses dari Kawasan ke Bandara

Hubungi kami jika anda memiliki pertanyaaan atau butuh informasi tambahan dari KEK Morotai. Anda dapat menghubungi melalui alamat dibawah atau kirimkan email melalui formulir dibawah :

Contact Person :
Rina Ishak (Administrator KEK Morotai)
Telp : +62 853 1159 4007

Yusran
Telp : 081 1222 5651

Your Name (required)

Your Email (required)

Subject

Your Message