Sei Mangkei

  |     |   Sei Mangkei
Sei Mangkei

Kawasan  Ekonomi  Khusus  (KEK)  Sei  Mangkei ditetapkan  melalui  Peraturan  Pemerintah Nomor  29  Tahun  2012  pada  tanggal  27 Februari 2012 dan merupakan KEK pertama di Indonesia  yang  telah diresmikan  beroperasi oleh  Presiden  Joko  Widodo  pada  27  Januari 2015.  KEK Sei Mangkei yang berlokasi di Provinsi Sumatera Utara memiliki bisnis utama berupa industri kelapa sawit dan karet dan difokuskan untuk menjadi pusat pengembangan industri kelapa sawit dan karet hilir berskala besar dan berkualitas internasional. 

Sebagai kawasan industri yang berada di sentra bahan baku berbasis agro dan dekat dengan Selat Malaka, KEK Sei Mangkei juga memiliki bisnis pendukung yaitu logistik dan pariwisata. Dengan total luas lahan sebesar 2.002,7 ha, KEK Sei Mangkei terbuka akan potensi industri lainnya terutama di sektor hilir dengan nilai tambah yang tinggi.

KEK Sei Mangkei didukung dengan infrastruktur di dalam dan luar kawasan. Akses dari KEK Sei Mangkei ke jalan lintas Sumatera kurang lebih 10 km, jarak ke Pelabuhan Kuala Tanjung kurang lebih 40 km dan jarak ke Bandara Internasional Kualanamu kurang lebih 110 km.

Hingga akhir 2016, aliran investasi pelaku usaha untuk aktivitas industri di KEK Sei Mangkei telah mencapai Rp3,52 triliun dan direncakan menjadi Rp5,52 triliun pada akhir 2017. Saat beroperasi penuh di tahun 2025, KEK ini diproyeksikan dapat menarik total investasi sebesar Rp129 triliun serta memberikan kontribusi pada PDRB sebesar Rp92,1 triliun per tahun.

 

 

Undang-Undang Tentang Kawasan Ekonomi Khusus

 

Peraturan Penyelenggaraan Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei

 

Administrator KEK Sei Mangkei

 

Badan Usaha Pembangun dan Pengelola (BUPP) KEK Sei Mangkei

  • Tersedia pasokan listrik kapasitas 60 MW yang bersumber dari Gardu Induk di KEK, dan direncanakan beroperasi Pembangkit Listrik Tenaga Gas 250 MW pada 2018
  • Tersedia pasokan air kapasitas 250 m³/jam yang bersumber dari Sungai Bah Tungguran, dan direncanakan beroperasi instalasi pengolahan air tahap II kapasitas 500 m³/jam pada Maret 2017.
  • Tersedia pasokan gas sebesar 75 mmscfd yang bersumber dari Kilang Regasifikasi Arun.
  • Tersedia sarana telekomunikasi dan jaringan internet yang memadai.
  • Tersedia instalasi pengolahan limbah terpusat kapasitas 250 m³/jam.
  • Tersedia dryport kapasitas 5.300 TEUs/tahun
  • Tersedia tangki timbun kapasitas 2 x 3.000 Ton (CPKO) dan 1 x 5.000 Ton (CPO)
  • Tersedia jalan kawasan rigid beton untuk kavling tahap I seluas 104 ha.
  • Fasilitas lain yang tersedia adalah sarana persampahan, armada pemadam kebakaran, pusat inovasi kelapa sawit, dan perumahan.

 

 

  • Pembangunan Rel Kereta Api Sei Mangkei – Pelabuhan Belawan/Kuala Tanjung
  • Pembangunan Pelabuhan Multipurpose Kuala Tanjung
  • Penanganan Jalan Nasional akses Sei Mangkei – Pelabuhan Kuala Tanjung/Belawan

Kegiatan KEK Sei Mangkei  Insentif
Investasi  di kegiatan utama:

 

  1. Industri kelapa sawit
  2. Industri karet

 

Tax Holiday
  • Pengurangan PPh   sebesar 20-100%  selama 10-25  tahun untuk  nilai investasi  lebih  dari Rp 1 triliun.
  • Pengurangan PPh   sebesar 20-100%  selama 5-15 tahun untuk  nilai investasi  lebih  dari Rp 500 miliar.
Kegiatan Lainnya: Logistik Pariwisata Aneka Industri (antara lain: Elektronika, Pupuk) Tax Allowance
  • Pengurangan penghasilan netto sebesar 30% selama 6 tahun;
  • Depresiasi dan amortisasi yang  dipercepat;
  • PPh atas  deviden sebesar 10%
  • Kompensasi kerugian 5-10 tahun

Khusus  Kegiatan Pariwisata, mendapatkan fasilitas:

  1. Pengembalian PPN (duty free shop).

 

  • PPh Pasal 22 Impor  tidak dipungut
  • PPN atau  PPN dan  PPnBM tidak dipungut
  • Pembebasan bea  masuk
  • Penangguhan bea  masuk
  • Kemudahan perizinan keimigrasian
  • Kemudahan perizinan pertanahan
  • Kemudahan perizinan ketenagakerjaan
  • Fasilitas  lalu lintas barang
  • Kemudahan perizinan penanaman modal  (3 jam) meliputi : Izin investasi,  Akta Perusahaan dan Pengesahan, NPWP, Tanda  Daftar  Perusahaan (TDP), Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA),Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA), Angka Pengenal Importir  Produsen (API-P) Nomor Induk Kepabeanan (NIK), dan  Surat Keterangan Peta  Informasi Ketersediaan Lahan ( jika diperlukan)

Alur Perizinan di Kawasan Ekonomi Khusus, Meliputi : 

(1) Menyepakati Rencana Investasi

  1. Calon Investor dan BUPP Menyepakati Rencana Investasi di KEK  (Bisa Tertuang dalam MoU ,Head of Agreement, Perjanjian, atau LUDA)
  2. Calon Investor Membuat Akta Pendirian Badan Usaha dan Pengesahannya dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Untuk Pembentukan Perusahaan di dalam Kawasan Ekonomi Khusus
  3. Calon Investor Membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahan/ Jika Pelaku Usaha belum memiliki NPWP, OSS memproses pemberian NPWP

 

(2) Datang ke Layanan Perizinan di Administrator

  1. Layanana Mandiri
    • Berupa penyediaan sarana komputer oleh Administrator KEK bagi pemohon yang sudah  paham cara mengakses layanan OSS
  2. Layanan Berbantuan
    • Berupa pendampingan Administrator KEK  kepada pemohon  dalam mengakses  layanan OSS
  3. Layanan Prioritas
    • Administrator KEK memfasilitasi pemohon  dimulai dari tahap permohonan sampai dengan  tahap penyelesaian produk perizinan

 

(3) Aktivasi Akun OSS

  1. Pelaku Usaha Mengakses Website https://www.oss.go.id/oss/
  2. Pelaku usaha mengakses OSS dengan menginput NIK/Paspor, E-mail,  dan beberapa informasi lainnya pada  form registrasi yang tersedia
  3. Pelaku Usaha Akan Menerima E-Mail Berisi Direct Link untuk Aktivasi Akun OSS
  4. Pelaku usaha mengaktifasi akun OSS dan Akan Menerima E-mail Berisi User-ID  dan Password akun OSS

 

(4) Pelaku Usaha Akan Memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB)

  1. Pelaku Usaha login pada sistem OSS   menggunakan User ID dan Password,kemudian klik menu permohonan berusaha
    dengan mengambil data perusahaan dari  AHU Online yang sudah teringrasi  dengan sistem OSS
  2. Pelaku Usaha ,mengcheck list Izin Komitmen (Izin Usaha dan Izin Komersial) yang Dibutuhkan Sesuai dengan Kegiatan Usahanya
  3. Sistem OSS menerbitkan NIB untuk Pelaku Usaha. Pelaku Usaha  dapat memperoleh dokumen pendaftaran lainnya bersamaan dengan penerbitan NIB (Jika diperlukan)
    • Tanda Daftar Perusahaan;
    •  Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA);
    • Angka Pengenal Impor (API); dan
    • Akses Kepabeanan

 

Kemudahan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik

 

Helpdesk Layanan Perijinan Online Single Submission (OSS) KEK Sei Mangkei :

Jl. Kelapa Sawit no.1 Komplek KEK Sei Mangkei,
Kecamatan Bosar Maligas, Kab Simalungun
Sumatera Utara - Indonesia

Email     : adm.kek.seimangkei@gmail.com 
Phone   : 081361618844 (Ibu Naomi)

Hubungi kami jika anda memiliki pertanyaaan atau butuh informasi tambahan dari KEK Sei Mangkei. Anda dapat menghubungi melalui alamat dibawah atau kirimkan email melalui formulir dibawah :

Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei

Jl. Kelapa Sawit No.1

Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun

Phone : (+62-622) 96628

Email  : cs@seimangkeisez.co.id

Aprial Syahputra

Phone : (+62) 812 6446 8815
Email  : marketing@seimangkeisez.co.id aprialsyahputra@seimangkeisez.co.id

 

HOLDING OFFICE

Agro Plaza Building
Jl. H. R. Rasuna Said Kav. X2 No. 1, Setia Budi
Jakarta Selatan 12950
Telephone : (+62-21) 29183300
Fax : (+62-21) 5203030

 

OPERATIONAL BRANCH

PT Perkebunan Nusantara III (Persero)

Jl. Sei Batanghari No.2 Medan 20122
Provinsi Sumatera Utara – Indonesia
Telp : (+62-61) 8452244, 8453100
Fax. (+62-61) 84455177, 8454728
email : cs@email.ptpn3.co.id
Website : www.ptpn3.co.id

 

Your Name (required)

Your Email (required)

Subject

Your Message