Bitung

PELUANG INVESTASI DI KEK BITUNG

 

Zona Logistik

Zona Industri

Pergudangan

Industri Kelapa

Trade Center

Industri Farmasi

Open storage yard

Industri Perikanan

Fuel Station

 

Instalasi Pengolahan Air Bersih

 

Instalasi Pengolahan Air Limbah

 

Public Transport Station

 

 

PELUANG PENGEMBANGAN KEGIATAN UTAMA DI KEK BITUNG

 

    1. Zona Industri Kelapa
  • Produk turunan kelapa butir dapat digunakan untuk menghasilkan pemisah sabut dan sabut kelapa, kemudian dapat diolah menjadi coco fibre/coco dust.
  • Produk turunan kelapa belah dapat menghasilkan air kelapa dan nata de coco. Dengan menggunakan pemisah daging, kelapa belah dapat menghasilkan daging kelapa yang kemudian diolah menjadi VCO dan SVO. SVO merupakan bahan baku dari Biodiesel. Sementara itu Batok Kelapa melalui proses pengarangan dapat menjadi briket arang dan karbon aktif.

 

  1. Zona Industri Farmasi

Zona Industri Farmasi di KEK Bitung dibangun untuk menjadi industri farmasi pertama di Indonesia Timur. Industri farmasi akan mengolah beberapa bahan baku alami seperti daun nilam, kelapa, sagu, cengkeh, dan buah-buahan lainnya.

 

  1. Zona Industri Perikanan

Pada dasarnya, industri perikanan terbagi dalam dua bagian besar yaitu:

  • Produk perikanan hulu, seperti ikan, moluska dan krustasea yang bisa dikonsumsi langsung maupun menjadi bahan baku untuk industri perikanan hilir.
  • Produk perikanan hilir, diolah melalui industri pengalengan, penggaraman, pengasapan, pembekuan, pemindangan untuk menjadi produk ikan tuna, tongkol, cakalang, udang, lobster, dan termasuk biota air lainnya. Produk ini memiliki nilai tambah yang tinggi apabila dijadikan makanan olahan.